topbella

Minggu, 03 Oktober 2010

SUMBER ENERGI MINYAK BUMI


Minyak merupakan bahan bakar yang banyak digunakan pada masa sekarang ini. Hampir semua penduduk di dunia memakai minyak untuk membantu aktifitas kehidupan sehari-harinya. Mengapa tidak, karena hampir semua kendaraan pasti menggunakan minyak sebagai bahan bakarnya. Minyak adalah bahan bakar yang berasal dari makhluk hidup, proses terbentuknya memakan waktu jutaan tahun lamanya. Hewan-hewan laut, khususnya zooplankton maupun hewan–hewan laut lain yang telah mati  adalah yang membentuk minyak. Karena terbentuk dari hewan-hewan laut yang telah mati, maka tak heran jika sebagian besar sumber minyak terdapat di lepas pantai atau lautan. Hewan-hewan laut tersebut setelah mati, jasadnya tertimbun oleh jasad hewan-hewan laut generasi berikutnya. Hal ini berlangsung terus menerus sampai ribuan tahun lamanya. Karena terus menerus tertimbun, jasad hewan-hewan laut tersebut menerima tekanan dan panas yang sangat tinggi. Tekanan dan panas yang sangat tinggi ini mengakibatkan jasad hewan-hewan laut tersebut mengalami pengendapan. Seiring berjalannya waktu selama berjuta-juta tahun, alam mulai berubah dengan sangat drastis  baik iklim, relief daratan maupun relief dasar laut. Perubahan suhu di permukaan bumi dari panas ke dingin maupun dari dingin ke panas terjadi dengan sangat tiba-tiba. Hal ini mengakibatkan endapan jasad hewan-hewan laut mengalami pelapukan. Perubahan alam ini terjadi terus menerus, sehingga endapan jasad hewan-hewan laut akhirnya hancur dan menjadi suatu senyawa yang mudah terbakar yaitu minyak. Perubahan relief daratan maupun relief dasar laut mempengaruhi perubahan letak endapan jasad hewan laut. Karena seiring perubahan alam, daratan dapat berubah menjadi lautan, maupun sebaliknya. Ini adalah sebab mengapa sumber minyak dapat berada di daratan.
Minyak adalah senyawa yang sangat istimewa bagi manusia pada masa sekarang ini, karena minyak mudah terbakar. Oleh karena itu minyak banyak dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan bakar. Sebelum ditemukannya minyak, manusia pada jaman dahulu sebagian besar menggunakan kayu dan lemak hewan sebagai bahan bakar. Tetapi, bahan bakar tersebut kurang begitu praktis. Kurang praktisnya bahan bakar ini disebabkan karena energi panas yang dihasilkan sangat kurang. Oleh karena itu diperlukan lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan panas yang sesuai, sehingga waktu yang seharusnya dapat digunakan untuk melakukan aktifitas sehari-hari lainnya banyak tersita hanya untuk mencari bahan bakar. Tetapi, setelah ditemukannya minyak, hal itu jarang terjadi lagi. Minyak dapat menghasilkan energi panas yang sesuai. Selain itu minyak dapat diolah menjadi berbagai macam bahan bakar untuk berbagai macam kendaraan. Minyak mentah diolah dengan cara disuling di kilang minyak. Hasil penyulingan minyak contohnya bensol, premium, solar, kerosin, dan aspal. Bensol dimanfaatkan sebagai bahan bakar pada pesawat terbang. Bensol adalah hasil penyulingan minyak yang paling murni dan sangat sedikit mengandung karbon. Saat dibakar, bensol menghasilkan energi panas yang tinggi dan sangat sedikit menghasilkan asap, sehingga bensol sangat sesuai untuk bahan bakar pesawat terbang. Premium dimanfaatkan untuk bahan bakar mobil maupun motor. Premium masih mengandung karbon, sehingga sedikit menghasilkan asap. Solar adalah bahan bakar mesin diesel. Solar agak banyak mengandung karbon, sehingga agak banyak menghasilkan asap. Kerosin banyak dipakai untuk bahan bakar rumah tangga. Kerosin banyak mengandung karbon. Aspal mengandung karbon sangat banyak dan dipakai untuk pengerasan jalan.
Pada saat manusia baru pertama kali mengenal minyak. Manusia hanya memakai minyak hanya dalam batas-batas tertentu atau saat diperlukan saja. Tetapi seiring dengan ditemukannya mesin-mesin maupun kendaraan berbahan bakar minyak, pemakaian minyak mulai meningkat. Pada masa sekarang ini, minyak merupakan bahan bakar yang paling banyak dipakai oleh manusia. Manusia selalu menggunakan minyak setiap harinya untuk aktifitas sehari-hari. Setiap kendaraan maupun mesin-mesin ciptaan manusia hampir selalu memakai bahan bakar manyak. Sekarang ini hampir setiap manusia memiliki kendaraan berbahan bakar minyak. Pemakaian bahan bakar minyak pada masa sekarang ini meningkat drastis seiring dengan banyaknya pemakaian kendaraan berbahan bakar minyak maupun alat-alat dan mesin-mesin lain yang berbahan bakar minyak. Sehingga, pemakaian bahan bakar minyak oleh manusia di seluruh dunia dapat mencapai jutaan barrel setiap harinya. Hal ini menyebabkan minyak menjadi semakin langka. Sumber-sumber minyak sudah banyak yang habis, karena pemanfaatan minyak secara optimal tidak disertai dengan kesadaran untuk menghemat dan melestarikan minyak bumi. Kelangkaan minyak bumi ini menyebabkan harga minyak bumi semakin naik. Jika minyak terus menerus dimanfaatkan tanpa disertai rasa tanggung jawab untuk menghematnya akan membuat harga minyak bumi terus menerus naik. Ditambah lagi dengan makin maraknya penimbunan-penimbunan minyak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab menyebabkan harga minyak akan terus membumbung tinggi. Oleh karena itu pemakaian minyak harus didasari rasa tanggung jawab. Jika pelestarian minyak bumi tidak dimulai dari sekarang, maka dapat terjadi minyak bumi akan habis dan anak cucu kita tidak akan pernah mengenal minyak.    
Untuk mencegah habisnya minyak bumi, manusia kini mulai mencari sumber energi pengganti minyak bumi. Manusia kini banyak memanfaatkan listrik sebagai sumber energi pengganti minyak bumi. Kelebihan dari energi listrik adalah energi listrik lebih efisien dibandingkan minyak bumi. Energi listrik juga tidak menyebabkan polusi.          Pada masa sekarang ini listrik merupakan sumber energi yang banyak dipakai oleh manusia setara dengan minyak bumi. Energi listrik dapat digunakan untuk membantu berbagai macam aktifitas manusia sehari-hari. Pada masa sekarang ini ini telah diciptakan kendaraan bertenaga listrik. Kelemahan dari energi ini adalah harganya yang sangat mahal. Selain listrik , manusia mulai memanfaatkan energi panas matahari. Kelebihan dari energi matahari selain harganya sangat murah, energi matahari tidak akan pernah habis. Energi matahari mempunyai beragam kegunaan. Selain untuk membantu aktifitas sehari-hari, energi matahari dapat digunakan sebagai pembangkit listrik dengan menggunakan sel surya yang dikenal dengan sel fotovoltatik. Saat ini banyak rumah-rumah, hotel-hotel yang telah dipasangi sel surya pada atap-atapnya. Kini juga tengah dikembangkan mobil bertenaga surya. Kelemahan dari energi ini adalah matahari tidak selalu bersinar pada musim-musim tertentu. Dewasa ini manusia tengah mengembangkan energi nuklir. Energi yang dihasilkan oleh nuklir jauh lebih besar daripada energi minyak bumi. Energi ini dihasilkan dari inti atom yang membelah atau dua inti atom yang menggabung, penggabungan atau pembelahan akan melepaskan energi yang sangat besar  sebagai hasil perubahan di dalam inti atom. Tetapi penggunaan energi ini masih banyak yang menentangnya. Terutama untuk reaksi fisi yang menggunakan bahan radioaktif uranium sebagai bahan bakar, karena sampah radioaktif ini tat dapat hancur selama ribuan tahun. Karena itulah energi nuklir belum dapat digunakan secara optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
indah ThAg 5u© DiseƱado por: Compartidisimo